Senin, 07 Desember 2020

Hand Out 3 PKK SMK N 1 Godean kelas XI Multimedia : Hak Atas Kekayaan Intelektual

 


Setiap ide-ide yang cemerlang dan kreatif yang tercipta dari seseorang atau sekelompok orang sebagai bentuk dari kemampuan intelektual manusia yang berguna dan memberi dampak baik dari berbagai aspek perlu diakui dan perlu dilindungi, agar ide-ide cemerlang dan kreatif yang telah diciptakan tidak diklaim atau dibajak oleh pihak lain. Untuk itu, diperlukan wadah yang dapat membantu dan menaungi ide-ide cemerlang dan kreatif tersebut.Untuk tingkat internasional, organisasi yang mewadahi bidang HKI (Hak Kekayaan Intelektual) adalah WIPO (World Intellectual Property Organization).Di Indonesia sendiri untuk mendorong dan melindungi penciptaan, penyebarluasan hasil kebudayaan di bidang karya ilmu pengetahuan, seni, dan sastra serta mempercepat pertumbuhan kecerdasan kehidupan bangsa, maka dirasakan perlunya perlindungan hukum terhadap hak cipta.Perlindungan hukum tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk mewujudkan iklim yang lebih baik untuk tumbuh dan berkembangnya gairah mencipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Tahukah Anda, apa pengertian Hak Kekayaan Intelektual? Apa saja prinsip-prinsip Hak Kekayaan Intelektual ? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan klik link untuk membaca dan mengunduh file PDF !

 Download hand out PDF

Hand Out 2 PKK SMK N 1 Godean kelas XI Multimedia : Analisis Peluang Usaha Multimedia

 Kewirausahaan dalam perspektif ekonomi dapat dijelaskan dari aspek peluang. Sebagaimana beberapa ahli mendefinisikan kewirausahaan sebagai tanggapan yang dilakukan seseorang terhadap peluang-peluang usaha yang diwujudkan dalam berbagai tindakan dengan berdirinya sebuah unit usaha sebagai suatu hasil dari tindakannya. Salah satu faktor keberhasilan seorang wirausahawan adalah kemampuan dan kejelian melihat peluang dan memanfaatkannya sebelum dimanfaatkan oleh orang lain. Kemampuan melihat peluang adalah modal dalam memunculkan ide awal untuk berwirausaha. Tidak semua orang mampu melihat peluang apalagi memanfaatkannya, demikian halnya kemampuan melihat peluang tidaklah sama setiap orang. Seseorang yang telah mengenal potensi diri yang dimilikinya lebih cenderung memiliki kemampuan untuk melihat dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada.Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat.Oleh karena itu, jika ingin mulai berwirausaha, hendaknya terlebih dahulu menemukan peluang usaha yang tepat sesuai kemampuan Anda. Nah, dalam Hand Out ini Anda akan mempelajari cara menentukan peluang usaha produk/jasa di bidang multimedia. Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link di bawah !

 Download hand out PDF

Hand Out 1 PKK SMK N 1 Godean kelas XI Multimedia : Sikap dan Perilaku Wirausahawan

 

Dalam menghadapi perkembangan zaman di bidang kehidupan perekonomian. Anda harus bisa menyerukan pentingnya pembangunan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) sehingga masyarakat tidak ragu lagi untuk mengambil langkah untuk menjadi calon wirausana. Sesungguhnya Anda semua adalah calon-calon wirausaha yang baik, tinggal bagaimana Anda mengolah jiwa  entrepreneurship yang berhasil. Jika hal ini terealisasi, maka akan memberikan napas lega untuk pemerintah karena dapat mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. Perubahan dan perbaikan nasib Anda harus didasarkan pada kehendak, keinginan, dan kerja keras. Oleh karena itu peranan wirausaha sangat penting untuk menentukan masa depan bangsa dan negara. Nah, pada Hand Out  kali ini Anda akan mempelajari mengenai sikap dan perilaku wirausahawan. Tahukah Anda. apa saja sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan? Untuk mengetahui jawabannya.silahkan simak  penjelasan berikut dengan saksamal dengan mengunduh pada link berikut.

Klik untuk mengunduh file PDF



Rabu, 19 April 2017

Kisi-kisi UTS Fisika sem 2 Kelas XI 2016/ 2017

  1. Diketahui tangki memiliki volume, suhu, dan tekanan tertentu. Siswa dapat menentukan massa gas tersebut
  2. Diketahui jumlah mol suatu gas dengan volume, suhu, dan tekanan awal tertentu. Siswa mampu menentukan tekanan jika jumlah mol, volume, dan suhu berubah
  3. Diketahui siklus Karnot, dengan reservoir suhu tinggi dan reservoir suhu rendah tertentu, siswa mampu menentukan efisiensi mesin Karnot
  4. Diketahui pegas dengan konstanta dan massa diketahui, siswa mampu menentukan frekuensi getaran jika beban digetarkan.
  5. Diketahui ayunan sederhana, dengan panjang tali, beban dan percepatan gravitasi tertentu, siswa mampu menentukan periode ayunan tersebut
  6. Diketahui periode, amplitudo dan waktu getar, siswa mampu menentukan besar simpangan, kecepatan getaran, dan percepatan getaran.
  7. Gelombang permukaan air dengan kecepatan rambatan, dan jarak antara beberapa bukit diketahui. Siswa mampu menentukan panjang gelombang dan frekwensi gelombang tersebut.


Kisi-kisi UTS Fisika sem 2 Kelas X 2016/ 2017


  1. Diketahui sebuah gaya yang bekerja pada benda di bidang datar tanpa gesekan, siswa dapat menentukan percepatan benda tersebut
  2. Disajikan sebuah katrol tunggal, siswa dapat menentukan percepatan beban dan tegangan tali.
  3. Diketahui, benda yang diam berada pada bidang datar yang kasar dan dikenai gaya. Apabila benda bergerak pada jarak tertentu, siswa dapat menentukanpercepatan benda, waktu tempuh, kecepatan akhir benda.
  4. Siswa dapat menentukan usaha sebuah gaya mendatar yang dapat memindahkan benda hingga jarak tertentu.
  5. Diketahui sebuah benda bekerja gaya dengan membentuk sudut tertentu terhadap horisontal. Jika gaya berhasil memindahkan benda pada jarak tertentu, siswa dapat menentukan usaha yang dilakukan gaya.
  6. Siswa dapat menentukan usaha yang diberikan pada benda, jika benda mengalami perubahan kecepatan.
  7. Diketahui balok dijatuhkan dari ketinggian tertentu, di permukaan tanah terdapat pegas. Siswa dapat menentukan pengurangan panjang pegas akibat kejatuhan balok tersebut.

Rabu, 12 Oktober 2016

KISI-KISI UTS FISIKA KELAS XII SEM GASAL 2016/ 2017

  1.  Menentukan besar dan arah gaya listrik jika berada di udara dan zat dielektrik
  2.  Menentukan kuat medan dan potensial listrik pada suatu titik yang dipengaruhi 2 muatan
  3. Menentukan potensial listrik pada suatu titik oleh  beberapa muatan
  4.  Menentukan usaha untuk memindahkan muatan dari satu tempat ke tempat lain oleh pengaruh   muatan.
  5.  Menentukan kapasitas pengganti, muatan pada masing-masing kapasitor, beda potensial masing-masing kapasitor, muatan total yang tersimpan pada rangkaian dan energi yang tersimpan dalam rangkaian
  6. Menentukan kapasitas pengganti pada rangkaian majemuk


Selasa, 16 Agustus 2016

Latihan Soal Kinematika Dengan Analisis Vektor : Gerak Melingkar

1.      Posisi sudut sebuah titik yang berada pada ujung roda sepeda ditentukan oleh    persamaan :
         θ = (2 t3 + 2t) rad, maka tentukan :
         a.    posisi sudut saat t = 3 s
         b.   posisi sudut saat t =  4 s
         c.    kecepatan sudut rata-rata dari t = 3 s hingga t = 4 s
         d.   kecepatan sudut saat t = 2 s
         e.    persamaan percepatan sudut sebagai fungsi waktu
2.      Posisi sudut sebuah titik yang bergerak melingkar pada terpi sebuah roda adalah:
         θ = ( t3 +  t2 +  t + 1 ) rad
         Tentukan :
         a.    Kecepatan sudut rata-rata dari t = 1 hingga t = 2 s
         b.   Percepatan sudut rata-rata dari t = 1 hingga t = 2 s
         c.    Kecepatan sudut saat t = 1 s
         d.   Percepatan sudut saat t = 1 s
3.     Sebuah roda mobil mula-mula diam, kemudian dalam 3 sekon dipercepat sehingga menempuh sudut 2 putaran. Tentukan besar kecepatan sudut setelah 3 sekon dan kecepatan sudut rata-ratanya ?
4.      Sebuah roda sepeda mula-mula diam, kemudian dalam 2 sekon dipercepat sehingga menempuh sudut 4 putaran. Tentukan besar kecepatan sudut rata-ratanya!

5.      Jika posisi sudut dari suatu gerak melingkar beraturan dirumuskan dalam persamaan                   θ = ( t3 + 5 t2 + 4) rad, maka tentukan kecepatan sudut saat t = 4 sekon!